TAHUN BARU HIJRIYAH

 Hai BESTie! balik lagi nih di blog kesayangan kitaa 

Tidak terasa udah tahun baru aja nih (tahun baru islam yaa :p). tapi kalian tau ga sih kenapa ada tahun baru islam? blum tauu? okey kita bahas di blog kali inii


    Tahun baru Hijriyah atau tahun baru islam merupakan peristiwa penting bagi umat muslim di seluruh dunia. Sejarah penetapan awal tahun baru Islam merujuk pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad Saw dari Kota Mekah ke Madinah.

 Peristiwa itu merupakan salah satu momen penting dalam sejarah Islam yang terjadi pada tahun 622 Masehi. Dan, hari itu ditetapkan sebagai hari pertama dalam penanggalan hijriyah atau kalender Islam yakni 1 Muharam 1 Hijriyah.

 Pemaknaan tahun baru hijriyah berawal dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW. Saat zaman Rasul Allah, peristiwa hijrah dilakukan sebagai strategi dakwah dan menanggapi situasi dan kondisi yang tidak kondusif pada masyarakat Mekkah.

 Hijrah sendiri diartikan sebagai perjuangan meninggalkan hal-hal buruk ke arah yang lebih baik. Dan, kini peristiwa hijrah diartikan sebagai pembelajaran nilai kebaikan untuk diri sendiri, seperti berani meninggalkan sesuatu yang buruk yang merugikan diri sendiri dan beralih pada sesuatu yang baik.

Muharram ditetapkan sebagai bulan pertama dalam penanggalan kalender islam. Muharram juga dikenal sebagai bulan yang  dimuliakan.

Muharam dapat kita jadikan momen untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. dan mengumpulkan pahala. Sebab, setiap amal ibadah yang dilakukan di bulan Muharam akan dilipatgandakan ganjarannya.

Ada sejumlah amalan yang bisa kita lakukan di bulan ini. Salah satunya adalah puasa Asyura, yang dilakukan pada 10 Muharam. Umat Muslim yang melaksanakan puasa Asyura akan mendapatkan pengampunan dosa-dosa kecil setahun yang lalu.

Adapun pergantian Tahun Baru islam 1445 Hijriyah ini jatuh pada hari Rabu, 19 Juli 2023.

gimana nih BESTie! udah tau yaa sekarang. jadii sebaiknyaa bulan inii jangan kita sia-siakan yaa

segitu dulu BESTie! sampai jumpa di blog selanjutnyaaa!


Komentar

Postingan Populer