Apa saja yang hal yang bisa diturunkan dari orangtua ke anak?

 Halo BESTie!! balik lagi nihh di blog kita ! #TauGakSih di tema kali ini, kita akan membahas tentang

"apa saja hal yang bisa diturunkan dari orangtua ke anak?

kalian #Taugaksih Ternyata bukan sekadar isapan jempol belaka, lho! Seorang anak memang bisa memiliki ciri khas yang juga dimiliki oleh orangtuanya.

pernah gak sih kalian ngerasa, "kok aku mirip bgt ya sama orangtua" yaiyalah namanya juga anak nya ya hehehe.

misal nya ni kayak, "ayahku rambut nya ikal?aku kok bisa ikal juga ya" atau nih mama ku pendek?kok aku harus pendek juga sih".

nahh gituu deh kira kiraa yaa hehe. pastinya kalian pda penasarann kan

"apa aja sih yg bisa diturunkan dari orangtua ke anak" ayokk deh tanpa lama lama lagi langsung aja kita bahas yaa.  

disimakk yaa BESTie!!


1. Ciri fisik

gen bisa dibilang sebagai bagian dari DNA yang membawa semua informasi seputar ciri khas orangtua untuk diwariskan pada anaknya. Tubuh setiap orang memiliki lebih dari 20.000 gen penyusun, di mana semua gen tersebut memiliki dua salinan berbeda yang didapat dari kedua orangtua.

Sedangkan DNA, menyumbang sebanyak 23 pasang kromosom untuk masing-masing tubuh anak. Dengan kata lain, ayah dan ibu akan menyumbang masing-masing 23 kromosom, yang akhirnya membentuk 46 buah kromosom total alias 23 pasang kromosom.

Di dalam setiap kromosom tersebut ada beragam informasi dari gen yang berperan untuk menentukan tampilan fisik seorang anak. Oleh karena tubuh memiliki dua pasang kromosom berbeda dari ayah dan ibu, otomatis pasangan gennya juga tidak sama. 

Sepasang gen tersebutlah yang nantinya bertanggung jawab terhadap pembentukan ciri atau tampilan fisik khas seseorang. Akibatnya, warna rambut, warna bola mata, bentuk hidung, ketebalan alis, lentiknya bulu mata, dan hal lainnya pada anak mirip sekali dengan orangtuanya.


2. Tinggi Badan

gen yang bertugas untuk menentukan ukuran tinggi badan anak. Itu sebabnya, tidak mengherankan ketika melihat ada anak yang sangat yang tinggi, sementara ada juga yang biasa saja atau cenderung pendek.

Hal tersebut biasanya akan dengan mudah terjawab ketika melihat postur tubuh orangtuanya. Dalam arti, fisik tubuh anak yang tinggi sebenarnya diperoleh karena diturunkan dari orangtua dengan fisik yang serupa.

Namun, lain lagi ceritanya ketika antar saudara kandung ternyata memiliki tinggi badan yang berbeda. Ini bisa dikarenakan adanya kombinasi gen kedua orangtua yang berbeda, sehingga ukuran tinggi badan antara kakak dan adik biasanya juga tidak sama.


nahhh segitu dlu yaa BESTie! sebenarnya masih banyak lagii nihh tapi kalau dibahas semua ntar penuh nih 3 lembar wkwkwk. ywdah deh segini dlu yaa.

 sampai jumpa di Blog selanjutnya BESTie!!..













Komentar

Postingan Populer