MENYARING INFORMASI SERBA TEKNOLOGI

 Halo BESTie!! Sekarangg balik lagi nihh di blog kita ! #TauGakSih di tema kali ini, kita akan membahas mengenai "Perkembangan Teknologi di Era Saat ini"




Sebagian dari kita, pasti menggunakan hp ataupun alat elektronik lainnya sebagai cara bagaimana untuk bisa berinteraksi ataupun ber-informasi dalam satu benda dengan jangkauan jarak yang sangat jauh.


Perkembangan teknologi di era sekarang ini sangat pesat, terbukti saat ini jarak dan waktu tidak lagi menjadi sebuah penghalang untuk melakukan komunikasi secara cepat. Orang yang berada di sebuah tempat yang jauh atau negara yang berbeda kini sudah mampu melakukan komunikasi melalui audio ataupun komunikasi yang dapat ditampilkan secara visual. Tidak hanya itu saja, aktivitas berbasis elektronik seperti e-banking, e-learning, e-library turut berkembang dan tentunya sangat membantu kegiatan kita sehari-hari.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat tersebut, proses penyebaran informasi dan interaksi antar manusia pun menjadi semakin cepat dan terbuka. Sebagai contoh dengan perkembangan media sosial, kita semakin mudah terhubung dengan teman, keluarga, dan kerabat. Melalui media sosial kita juga mudah untuk mendapatkan sebuah informasi yang sebelumnya tidak kita ketahui menjadi kita ketahui. Namun perlu untuk diketahui bahwa tidak semua informasi tersebut bermanfaat, tidak semua informasi tersebut diakui kebenarannya, bisa saja informasi tersebut hoax, berita fitnah, atau berita tidak benar. Menyikapi kemudahan untuk mendapatkan informasi tersebut, ada beberapa tips yang dapat dijadikan pedoman untuk menyaring informasi di era perkembangan teknologi komunikasi saat ini

1) 

Jika kita ingin mendapatkan informasi yang benar dan akurat sebaiknya cari dari sumber terpercaya. Biasanya saat kita membuka internet ataupun sosial media akan terlihat berbagai informasi yang berseliweran. Ini karena jutaan akun setiap harinya saling memberikan infromasi. Banyaknya informasi yang di bagikan tersebut tidak semuanya benar. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati, tidak mudah percaya ialah bandingkan dengan situs lainnya. Perlu diwaspadai meski judul dan isi konten sudah sesuai, kita harus tetap berhati-hati apabila ingin menyebarkan informasi tersebut. Hal ini bukan tanpa alasan, karena terkadang suatu media berpihak pada golongan atau kelompok tertentu sehingga konten yang disajikan mengandung pro dan kontra menyikapi suatu permasalahan. Agar lebih aman, kita perlu mengecek kembali dan membandingkannya dengan situs lain yang membahas permasalahan yang serupa. 


Okee BESTie!! Sekian Blog kali ini.. Sampai jumpa di Blog selanjutnya yaa!!

Komentar

Postingan Populer