HARI AIDS SEDUNIA !

 

Halo BESTie! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga sehat-sehat selalu yaa!

Kembali lagi nih di blog kita~ Hmm..., Kira-kira hari ini kita bahas apaan yah? Ada yang tahu ga?

 

Sebelumnya, coba tebak, hari ini tanggal berapa??

Yapp, bener banget. Hari ini adalah hari pertama di bulan Desember, tepatnya tanggal 01 Desember 2023. Wahh, ga terasa yah, ternyata kita sudah sampai di bulan terakhir pada tahun 2023 ini.

 

BESTie, kalian tahu ga sih, tanggal 01 Desember itu diperingati sebagai hari apa?


Nah, sejak tahun 1988, tanggal 01 Desember ditetapkan sebagai Hari AIDS Sedunia, lho. Tahun ini menjadi Hari AIDS Sedunia yang ke-35. Momen ini dilahirkan untuk menumbuhkan kesadaran semua orang terhadap penyakit AIDS yang kini sudah tidak asing lagi bagi orang-orang. Pasti kalian juga pernah denger kan terkait penyakit ini!


Sebenarnya, apa sih penyakit AIDS ini?

Penyakit AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) adalah tahap akhir dari infeksi HIV. HIV sendiri singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, yang mana virus ini dapat melemah atau bahkan mematikan sel darah putih yang berperan sebagai pertahanan tubuh pada manusia. Hal inilah yang membuat para penderita HIV akan mengalami beberapa gejala, seperti kelelahan secara terus-menerus, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), kanker, atau bahkan sampai kesulitan berjalan.

Wahh, ternyata parah banget yah dampaknya?


Nah BESTie... Kalian tahu ga, bagaimana bisa seseorang terkena penyakit AIDS? sini deh aku kasih tahu.

Seseorang dapat terkena penyakit AIDS  karena penularan, lhoo. Penularan ini dapat ditularkan melalui cairan tubuh dari orang yang terinfeksi, seperti darah, ASI, air mani, dan cairan vagina.

Nah, itulah mengapa, kontak seksual, penggunaan jarum suntik yang sama secara bergantian, dan ibu hamil yang positif HIV dapat menjadi penyebab terkenanya penyakit AIDS. Virus HIV membutuhkan paling tidak sekitar 72 jam untuk menginfeksi di dalam tubuh manusia. Dan ia dapat bertahan di dalam tubuh selama 8 hingga 10 tahun. Lama banget yah?



Jadi, BESTie sudah tahu kan betapa bahayanya AIDS jika terkena pada manusia? Selalu berhati-hati yah!! Nah, lalu sekarang, bagaimana ya caranya agar kita dapat mencegah terkenanya penyakit ini?

Ada beberapa cara yang dapat BESTie-BESTie lakukan kok. Seperti menghindari penggunaan alat pribadi bersama orang lain, menghindari penggunaan jarum suntik bersama, menghindari penggunaan obat-obat terlarang, dan lakukan dengan aman ketika berhubungan seksual.

Bagi kalian yang masih remaja, hindarilah hal-hal seperti pergaulan bebas, seks bebas, ataupun obat terlarang seperti narkoba. Ayo kita hidup sehat agar masa depan tetap terjaga.

 Nah, gimana nih BESTie? Sudah pada tahu kan tentang penyakit AIDS ini? jaga diri kalian baik-baik ya!! sehat-sehat selaluu~

Kayaknya cukup sekian deh blog hari ini. Semoga bermanfaat ya!!

Bye-bye BESTie, Sampai jumpa di blog berikutnyaa~!!

 


Komentar

Postingan Populer