Haii BESTie! Kembali lagi di blogspot kita~!!

Hari ini, kita akan bahas yang lagi lumayan hots nih… apa yahh?? Cluenya adalah olahraga sepakbola!

Yappss, kita bakalan bahas tentang permainan tim nasional Indonesia di AFC Asian Cup 2023 nih!

BESTie pasti udah pada denger ‘kan kalau timnas kita lolos 16 besar di Piala Asia 2023?? Mereka berhasil lolos penyisihan pada Kamis, 25 Januari 2024, loh! Ini pertama kalinya dalam sejarah persepakbolaan Indonesia, luar biasa ya!

Namun sayangnya posisi timnas kita tak bertahan lama di 16 besar karena tereliminasi pada permainan melawan Australia pada hari Minggu, 28 Januari 2024 dengan skor 0-4, ouch!

Nah, sebagai evaluasi performa tim nasional, di blog kali ini kita bakal review sejarah timnas nasional sejauh ini. Apa saja realita yang dialami Indonesia dalam sepakbola dan apa ya harapan untuk kedepannya?

 




Pada tau ga sih BESTie kalau ternyata Indonesia adalah negara Asia pertama yang main di Piala Dunia FIFA?! Tepatnya pada tahun 1938! Tetapi pada saat itu sayangnya Indonesia kalah melawan Hungaria dengan skor 6-0, waduhhh. Ditambah lagi fakta bahwa 1938 menjadi satu-satunya penampilan Indonesia di Piala Dunia. Parahnya lagi, Indonesia memegang rekor tim dengan pertandingan paling sedikit (yaitu 1) dan salah satu tim dengan jumlah gol paling sedikit yang dicetak (0! Zero!) Rekor sih, rekor yaa…

Tapi tau ga sih BESTie kalau PSSI tidak mengakui pertandingan timnas Indonesia pada saat itu? Alasannya kenapa yaa? Ternyata karena pertandingan pada saat itu diselenggarakan sebelum kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945.

Ada lagi nih, BESTie… Indonesia telah lima kali lolos ke Piala Asia AFC! Namun tak pernah lolos dari babak penyisihan grup pada empat kesempatan sebelumnya dan baru lolos pada edisi AFC yang 2023. Timnas Indonesia pernah meraih medali perunggu pada Asian Games 1958 di Tokyo. Timnas juga pernah mencapai pertandingan final dalam Kejuaraan AFF sebanyak enam kali, ENAM! Namun, belum pernah menjadi juara, sayang banget!

Nah, itulah sejarah singkat timnas Indonesia. Harapan untuk kedepannya bagaimana yah?

Ternyata Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin pernah mengucapkan beberapa patah kata harapan untuk timnas di hari Minggu sebelum pertandingan melawan Australia, lho!

"Pertama, bersyukur ya, walaupun lolosnya itu karena orang lain, tetapi lolos itu sudah sesuatu prestasi. Kita kan belum pernah masuk 16 besar. Nah, ini masuk, masuknya saja sudah syukur,”

-Jokowi

“Jadi nanti kalau bermain, kalau sampai bisa memenangkan satu permainan saja, itu luar biasa. Andaikata kalah pun ini kita merupakan pengalaman, pertama di mana indonesia masuk 16 besar piala asia, itu pengalaman baru dan menjadi pengalaman yang berharga,” -Ma’ruf Amin

Netizen juga kerap mengapresiasi kerja keras timnas pada Piala Asia kali ini karena sejarah yang berhasil dicetak! Menurut BESTie gimana nih performa timnas Indonesia sejauh ini??

Sekian blog kali ini ya, BESTie! Sampai jumpa di blog berikutnya :D!

 

 

 

Komentar

Postingan Populer