Sungai Citarum Yang dibersihkan Pandawara Kembali Dipenuhi Sampah?

 

 

Hallo BESTie!, Gimana kabarnya nih? Kita kembali lagi bersama, blogspot BEST.

Akhir-akhir ini, sungai Citarum yang merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat  sudah menjadi bahan perbincangan netizen Indonesia yang dimana dikenal sebagai salah satu sungai yang tercemar. Bahkan, tingkat pencemaran Sungai Citarum jadi salah satu yang terburuk di dunia. Sungai Citarum bahkan jadi salah satu dari enam sungai yang paling tercemar.

Beberapa Minggu yang lalu, Pandawara group 
baru-baru ini mengajak masyarakat Bandung Raya untuk bersama-sama membersihkan sampah yang berada di sungai Jembatan Babakan Sapan (BBS) di kawasan Sungai Citarum yang menghubungkan Batujajar dan Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Ajakan tersebut disampaikan Pandawara Group melalui sebuah video yang diunggah di akun Instagram @pandawararoup, pada Kamis, 13 Juni 2024. Pandawara Group menilai, jika sampah-sampah yang berada di badan sungai DAS Citarum tersebut dibiarkan, maka Kota Kembang akan memiliki julukan baru yakni 'Bandung Lautan Sampah'.

Wow miris sekali yah BESTie, bandung yang kita kenal dengan "Bandung Lautan Api" kini telah dijuluki "Bandung Lautan Sampah", kata dari salah satu Pandawara group.

Sungai Citarum memang sempat jadi perhatian publik lantaran penuh dengan sampah sehingga terlihat sangat kotor. Pandawara Group dan masyarakat sekitar awalnya sudah membersihkannya sehingga kondisinya jadi jauh lebjh baik dan lebih bersih tentunya. Namun baru tiga har dibersihkan, kondisi Sungai Citarum sudah kembali dipenuhi sampah.

Warganet juga banyak yang menilai Pandawara group bukan pihak yang harus bertanggung jawab."Sebenarnya pandawara group bukan pihak yg mestinya bertanggung jawab bikin waste management system yg proper," komentar seorang warganet. Sistem dan struktural dinilai menjadi penyebab utama permasalahan sampah Sungai Citarum.

Gila banget yah, bisa-bisanya sungai yang sudah dibersihkan oleh Pandawara group bisa tercemar lagi dalam tiga hari setelah pembersihan. Nah pelajaran nih buat BESTie, jagalah lingkungan dis sekitar kita dan selalu membuang sampah pada tempatnya agar tidak tercemarnya lingkungan.

Oke BESTie, sampai sini blog kita hari ini, sampai ketemu di blogspot BEST berikutnya.

SAMPAI JUMPA LAGI BESTie!!👋




Komentar

Postingan Populer