Meme Itu Apa Sih?

Hai BEST'ie! Balik lagi nih sama mimin. 

Hari ini kita punya informasi yang tidak kalah menarik lho!

Buat BEST'ie yang suka mengeksplor dunia maya atau media sosial, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah meme kan? Tapi BEST'ie tau ga sih asal dan bagaimana meme itu pada akhirnya bisa dikenal orang awam? 

Kalau BEST'ie salah satu penggemar meme atau sering melihanya di sosial media, maka BEST'ie harus tau nih asal-usulnya! Yuk simak!

Istilah meme (dibaca seperti mim) pertama kali dicetuskan oleh Richard Dawkins pada tahun 1976. Kata ini berasal dari kata Yunani kuno "mīmēma," yang artinya "ditiru". Richard Dawkins menggunakan kata "mīmēma" yang kemudian disingkat menjadi "meme" pertama kali dalam bukunya "The Selfish Gene" sebagai penggambaran ide, budaya, dan kebiasaan yang ditiru dari orang ke orang melalui tulisan, ucapan, gerak tubuh, ritual, atau teknik peniruan lainnyaSeiring berjalannya waktu, para pengguna internet menganggap istilah ini mengacu pada kombinasi kata-kata dan gambar yang dibuat untuk membuat lelucon lucu atau biasanya untuk mengkritik fenomena sosial terkini.

Hampir 40 tahun sejak dicetuskan, istilah meme telah menjadi sebuah daya dalam internet terutama di media sosial. Sekarang meme dilihat sebagai bentuk  perilaku, gaya hidup, kepercayaan, model, dan lain-lain, yang ditiru dan disebarkan untuk dibagikan dari satu individu ke individu lain. Semenjak penggunaan Internet semakin masif, istilah meme kini bagaikan sebuah kata umum yang diketahui semua orang. Meme menjadi sangat populer ketika gags hingga rage comic menghiasi platform-platform media digital seperti blogwebsites hingga jejaring sosial. 

BEST'ie bisa lihat nih beberapa meme yang populer di media sosial!










Dari beberapa meme diatas, BEST'ie paling suka yang mana nih? atau bahkan ada yang relate
 
Nah BESTI'ie! Menggunakan meme di media sosial memang menyenangkan, tapi jangan lupa untuk memakainya hanya dalam konteks yang tepat! Misalnya, ketika BEST'ie sedang bercanda dengan teman-teman. Walau berupa lelucon, pastikan untuk tidak menyinggung dan menyakiti perasaan orang lain ya!

Sampai jumpa di blog selanjutnya BEST'ie!



Komentar

Postingan Populer